Mengenal Laut Bunaken

Salah satu lautan di Indonesia yang sangat populer menjadi destinasi pelayaran dan wisata air adalah Laut Bunaken. Lautan ini terkenal dengan keindahannya.

Tentu saja kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dan menjaga agar ke indahan pantai laut Bunaken tetap terjaga.

Simak ulasan kami di bawah ini, sebagai penambah wawasan Anda.

Menjadi Taman Laut Nasional Yang Di Lindungi

Taman Laut Bunaken adalah salah satu yang pertama dari sistem taman laut yang berkembang di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1991. Bunaken, Manado Tua, Siladen, Montehage, dan Nain adalah lima pulau yang membentuk nusantara. Ini adalah bagian dari kawasan Indo-Pasifik, yang menyediakan lingkungan yang mendukung. Taman Nasional yang terbentang di bawah 80.000 hektar daratan (3%) dan laut (97%) di Manado, Indonesia ini terletak di provinsi Sulawesi Utara. Memliki air laut yang sangat jernih sehingga kita bisa melihat keindahan karang dan biota laut yang ada di sana.

Bagaimana menuju ke Taman Laut Nasional Bunaken?


Taman Nasional Bunaken dapat diakses melalui pelabuhan Manado, Marina Nusantara Diving Center (NDC) di Distrik Molas, dan Marina Blue Banter. Ambil penerbangan ke Manado dan kemudian naik perahu ke Bunaken, yang memakan waktu 45-60 menit. Perjalanan dengan perahu motor dari Manado ke Pulau Siladen memakan waktu sekitar 20 menit, 30 menit ke Pulau Bunaken, 50 menit ke Pulau Montehege, dan 60 menit ke Pulau Nian. Anda dapat memesan kapal melalui resor Anda, atau ada kapal umum yang beroperasi dari Manado ke Bunaken setiap hari (kecuali hari Minggu) sekitar pukul 2-3 sore. Naik perahu umum dari sisi utara pasar Manado. Wisatawan asing akan membayar Rp 25.000 sekali jalan, sedangkan penduduk lokal akan membayar Rp 10.000. Sekitar pukul 08.30-08.30, Anda dapat kembali menggunakan perahu melalui dermaga desa Bunaken. Perjalanan dari Blue Banter Marina ke tempat wisata di pulau Bunaken akan memakan waktu 10-15 menit dengan kapal pesiar yang tersedia, namun perjalanan ke tempat menyelam dari NDC membutuhkan waktu 20 menit dengan speed boat.

Flora dan Fauna Taman Laut Nasional Bunaken

Ikan-ikan seperti kuda gusumi (Hippocampus horse), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), ila trunk (Scolopsis bilineatus), dan lainnya dapat ditemukan di perairan dari Taman Nasional Bunaken.

Kera hitam Sulawesi (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Macaca nigra nigra) termasuk di antara spesies hewan yang ditemukan di daratan dan di sepanjang pantai (Ailurops ursinus ursinus). Sonneratia sp., Rhizophora sp., Lumnitzera sp., dan Bruguiera sp. adalah beberapa jenis tumbuhan mangrove yang terdapat di Taman Nasional Bunaken. Hutan ini adalah rumah bagi beragam jenis kepiting, udang, moluska, dan burung laut, termasuk Bangau, bangau, sea driving, dan burung camar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.